Cara Menunda Kehamilan Setelah Menikah

Ada berbagai alasan yang mendorong pasangan suami istri untuk menunda kehamilan . Cara menunda kehamilan setelah menikah ada bermacam-macam , baik secara alami maupun dengan menggunakan alat kontrasepsi . Berikut ini kami berikan beberapa informasi tentang menunda kehamilan bagi pasangan yang belum siap memiliki bayi .

Cara Menunda Kehamilan Setelah Menikah

Cara Menunda Kehamilan Secara Alami

Bagi pasangan yang tidak ingin menggunakan alat kontrasepsi , cara menunda kehamilan setelah menikah dapat di siasati denganĀ  sistem kalender . Cara mencegah kehamilan yang satu ini mengharuskan pasangan untuk mencatat kapan masa subur sang istri berlangsung .

Baca Juga : cara menggugurkan kandungan

Dalam menunda kehamilan secara alami menggunakan sistem kalender , pasangan harus menepati aturan untuk tidak melakukan hubungan seksual ketika masa subur wanita tengah berlangsung . Meskipun banyak pihak yang menilai bahwa sistem ini kurang efektif , namun untuk beberapa pasangan sistem ini berhasil mencegah kehamilan asalkan pasangan tersebut selalu rajin mencatat dan menghitung dengan cermat kapan masa subur wanita akan datang dan berakhir .

Pada kenyataannya , sistem ini memang mempunyai kelemahan , yaitu hanya dapat diterapkan pada wanita yang siklus menstruasi serta siklus ovulasinya teratur . Dengan kata lain , bagi wanita yang tidak memiliki siklus haid yang teratur , masa subur akan sulit untuk dihitung karena berubah-ubuh setiap bulannya . Hal ini menjadikan perkiraan masa subur meleset dan pembuahan tidak dapat di cegah .

Namun , wanita yang siklus haid tidak selalu teratur tidak perlu khawatir , karena masih ada sistem menunda kehamilan alami lainnya yang bisa diterapkan , yaitu senggama terputus . Senggama terputus maksudnya adalah tidak membiarkan enjakulasi terjadi didalam vagina . Artinya , sang suami harus segera menghentikan penetrasi apabila urgensi untuk enjakulasi datang . Hal ini dimaksudkan agar pembuahan tidak terjadi , karena sperma tidak bertemu dengan sel telur . Meskipun begitu , sistem ini tidak selalu berhasil . Oleh karena itu , sebagian pasangan yang memang ingin menunda kehamilan setelah menikah mau tidak mau menggunakan bantuan alat kontrasepsi agar kehamilan tidak terjadi .

Cara Mencegah Kehamilan Dengan Alat Kontrasepsi

Apabila anda merasa khawatir tidak bisa mengandalkan cara mencegah kehamilan secara alami , maka anda dapat mencoba untuk memilih beberapa opsi penggunaan alat kontrasepsi seperti berikut ini :

  • Kondom : Alat kontrasepsi yang satu ini sangat mudah ditemukan tidak hanya di apotek namun juga di toko-toko , swalayan , maupun mini market . Alat kontrasepsi ini sangat diminati karena selain praktis , kondom juga diklaim dapat mengurangi kemungkinan terjadinya penularan penyakit menular seksual . Namun , apabila anda dan pasangan anda bermaksud untuk menggunakan kondom sebagai cara mencegah kehamilan , maka anda harus memperhatikan beberapa hal antara lain tanggal kadaluwarsa kondom , kondisi kondom yang utuh tidak ada yang robek , Serta anda juga menggunakan pelumas yang dibuat dengan bahan dasar air apabila penggunaan kondom membuat anda dan pasangan merasa tidak nyaman .
  • Pil KB : Pil KB juga merupakan salah satu cara mencegah kehamilan yang banyak digunakan oleh wanita , terutama bagi pasangan suami istri yang sudah mempunyai keturunan sebelumnya . Cara kerja pil ini adalah dengan mencegah terjadinya siklus menstruasi seperti yang terjadi pada wanita normal , karena pil ini mengandung hormon progestin dan esterogen sintetis . Cara mencegah kehamilan menggunakan pil KB memang dianggap jauh lebih ampuh di banding cara mencegah kehamilan yang telah disebutkan sebelumnya . Namun , konsumsi pil KB terkadang menimbulkan efek samping tertentu bagi sebagian wanita . Oleh karena itu , anjuran dan pengawasan dari bidan dan dokter sangatlah diperlukan .
  • Suntik KB : Apabila pil KB harus diminum setiap hari , maka sistem suntik KB tidak perlu dilakukan setiap hari . Oleh karena itu , pilihan mencegah kehamilan yang satu ini banyak diminati oleh para wanita yang tidak mau repot dan kesulitan untuk mendisiplinkan diri minum pil KB setiap harinya . Mirip seperti pil KB , hormon progrestin dan esterogen akan dimasukkan kedalam tubuh anda , bedanya pada pil KB hormon tersebut dimasukkan secara oral , sedangkan pada sistem suntik KB hormon tersebut dimasukkan melalui suntik dan dapat mencegah kehamilan dalam jangka waktu yang lebih panjang dari pada pil KB . Anda hanya perlu melakukan suntik KB di puskesmas terdekat setiap satu hingga tiga bulan sekali .
  • Intrauterine Device : Sering disebut sebagai IUD atau KB spiral , alat kontrasepsi ini tidak mengubah siklus apapun dalam tubuh anda , Cara kerjanya adalah dengan menghalangi laju sperma menuju ke sel telur yang telah matang sehingga pembuahan dapat hindari . Bagi anda yang merasa kurang nyaman karena perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh anda , maka mungkin IUD adalah alat kontrasepsi yang cocok untuk anda . IUD akan di tanam kedalam rahim anda , dan tidak akan menimbulkan rasa sakit atau tidak nyaman apabila terpasang dengan benar . Tingkat ke efektif alat ini dapat mencegah kehamilan adalah yang paling tinggi , yaitu mencapai 99% . Selain itu , Penggunaannya yang aman untuk jangka panjang yaitu 5 sampai 10 tahun merupakan salah satu keunggulan lain dari alat kontrasepsi ini .

Itulah tips cara menunda kehamilan setelah menikah baik secara alami maupun dengan bantuan alat kontrasepsi . Apapun pilihan anda , rencanakan kehamilan dengan matang dan konsultasi dengan dokter atau bidan anda tentang pilihan KB yang paling cocok untuk anda .

Updated: December 13, 2017 — 2:18 am
Cara Menggugurkan Kandungan © 2017 cara menggugurkan kandungan