Ibu Hamil Melahirkan Ketahui Tips Berikut Ini Agar Persalinan Lancar

Ibu Hamil Melahirkan

Ibu Hamil Melahirkan biasanya mempunyai tingkat kecemasan yang luar biasa menjelang persalinan terutama bagi yang baru pertama kali hamil . Semakin mendekati HPL maka semakin banyak hal yang menjadi pikiran ibu seperti ” Bagai mana kalau bayi saya menjadi sungsang , bagaimana kalau sakitnya luar biasa sampai saya tidak kuat , bagaimana kalau waktu mengejan tiba-tiba saya buang air besar , dan lain-lain ” Cemas menjelang persalinan itu hal yang wajar . Tapi perlu anda ketahui rasa cemas yang berlebihan sering sekali malah menghambat proses persalinan . Kunci dari persalinan lancar adalah pikiran yang tenang dan tidak cemas . Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kecemasan sehingga proses persalinan bisa berjalan lancar dan mudah . Cara-cara seperti :

  • Ikut Kelas Hamil : Kecemasan bisa muncul karena tidak memiliki bekal pengetahuan yang cukup tentang proses persalinan . Maka dari itu disarankan untuk mengikuti kelas hamil sedini mungkin setidaknya dimulai saat usia kehamilan anda memasuki trimester kedua . Dikelas hamil anda akan belajar apa saja tanda-tanda persalinan . cara mengontrol pernafasan saat persalinan , cara mengurangi nyeri saat persalinan , apa saja tahapan persalinan , apa saja tipe persalinan normal dan info lain berkaitan tentang ibu hamil . Jika anda sudah memahami semua tentang persalinan , rasa cemas akan berkurang saat waktu persalinan tiba .
  • Berlatih Yoga : Yoga dapat melatih pikiran agar lebih relaks . Gerakan yoga menjaga kebugaraan dan kelenturan tubuh . Semua ini akan sangat membantu proses persalinan jadi lebih lancar . Proses persalinan pada kehamilan pertama biasanya panjang . Yoga dapat menjaga stamina tubuh sehingga anda tidak gampang kecapekan saat melahirkan .
  • Tetap Aktif : Ibu hamil tetap boleh berolah raga seperti biasa , bahkan sangat disarankan . Selalu aktif selain menjaga stamina tubuh , juga membantu janin supaya bisa masuk jalan lahir dalam posisi tepat . Dengan begitu proses persalinan jadi lebih lancar dan kecil kemungkinan anda melakukan operasi cesar .
  • Praktikkan Teknik Pernafasan Yang Sudah Dipelajari : Saat anda mengikuti kelas hamil anda pasti diajari bagaimana teknik pernafasan yang baik saat melahirkan . Mengontrol pernafasan dapat membantu anda jadi lebih fokus dan lebih relaks . Mengejan mengeluarkan bayi akan sangat melelahkan . Banyak ibu yang tidak kuat dan sesak nafas saat mengejang karena kecapekkan dan kurang oksigen . Oksigen yang cukup membantu ibu tetap fit sampai bayi keluar serta berkurang rasa sakitnya .
  • Jalan-jalan : Jalan-jalan menjelang persalinan dipercaya bisa mempercepat proses pembukaan . Namun sebetulnya tidak begitu . Proses pembukaan tidak dipengaruhi oleh jalan-jalan tapi dipengaruhi oleh posisi bayi yang berada dijalan lahir . Ada ibu yang jalan-jalan lama tapi proses pembukaan masih tetap lambat , ada yang tidak perlu jalan-jalan langsung pembukaannya sepuluh . Jalan-jalan bermanfaat  membantu ibu agar lebih relaks dan tenang . Rasa nyeri kontraksi dan kecemasan akan bayi yang tidak kunjung keluar bisa berkurang dengan berjalan-jalan .
  • Minta Suami Memijit Anda : Menjelang persalinan seluruh tubuh anda akan terasa nyeri dan hyang terutama adalah bagian punggung , dan panggul . Tentu saja anda bisa meminta obat penghilang rasa sakit pada dokter , tapi kalau ada cara menghilangkan rasa sakit lebih alami kenapa harus menggunakan medikasi ? Mintalah suami memijat punggung , pinggang dan panggul anda dengan begitu anda akan merasakan lebih nyaman , tenang , dan siap menempuh proses persalinan . Para suami sering kali merasa terasing dan tidak dibutuhkan dalam proses persalinan karena ia hanya bisa memegang tangan istri saja . Dengan anda meminta mijit , anda menunjukan pada suami anda bahwa anda membutuhkannya dan bahwa ia juga bisa membantu menghilangkan nyeri yang anda alami .
  • Bawa Camilan : Anda tidak bisa memperkirakan apakah proses persalinan anda akan berjalan panjang atau singkat . Camilan akan membantu anda tetap berenergi meskipun harus melewati durasi yang panjang . Bawalah camilan seperti biskuit gandum atau biskuit cokelat yang bisa memulihkan tubuh yang capek . Jangan lupa siapkan minuman untuk menjaga agar tubuh tidak dehidrasi karena banyak cairan yang akan keluar dari proses persalinan .
  • Pertimbangkan Opsi Water Birth : Banyak penelitihan yang melaporkan bahwa water birth memperlancar proses persalinan normal . Rasa nyeri yang dirasakan ibu saat menjalani water birth dikabarkan lebih sedikit daripada persalinan normal di tempat tidur karena pengaruh suhu hangat air dan efek mengambang dalam air . Namun anda perlu tahu bahwa resiko infeksi bisa terjadi jika air ketuban anda pecah dalam bak atau jika anda tidak sengaja buang air besar di bak . BAB saat melahirkan adalah hal yang wajar jadi anda tidak perlu akan hal itu . Diskusikan dengan dokter obsgin anda semjua yang perlu anda ketahui mengenai water birth seperti apa saja yang perlu dipersiapkan ibu hamil saat melahirkan , apa pengaruhnya terhadap bayi yang di lahirkan , dan apakah kondisi kehamilan anda memungkinkan untuk melakukan wakter birth . Baca Juga Artikel Lainnya : menggugurkan kandungan
Updated: November 29, 2017 — 12:59 am
Cara Menggugurkan Kandungan © 2017 cara menggugurkan kandungan