Kalkulator Untuk Menghitung Usia Kehamilan

Apakah anda sedang mengalami masa kehamilan dan ingin mengetahui kalkulator untuk menghitung usia kehamilan ? Kehamilan merupakan salah satu anugrah terindah yang dapat dirasakan oleh setiap pasangan yang sudah menikah . Karena akan lahir buah hati dari keturunan selanjutnya . Sebelum bayi lahir , tentu orang tua harus mengetahui setiap tahapan usia kehamilan yang di jalaninya . Untuk menghitung usia kehamilan , anda bisa menggunakan kalkulator kehamilan . Ada banyak kelebihan yang bisa anda dapatkan dari penggunaan kalkulator kehamilan .

kalkulator kehamilan

Adapun Beberapa Kelebihan Menggunakan Kalkulator Kehamilan Seperti :

  • Dapat Mengetahui Perkiraan Tanggal Persalinan Bayi : Salah satu kelebihan menggunakan kalkulator kehamilan adalah dapat mengetahui perkiraan tanggal persalinan bayi . Waktu untuk bersalin adalah salah satu waktu yang penting untuk menunggu kelahiran sang buah hati . Persalinan yang sudah dapat diperkirakan bisa membuat setiap pasangan dapat mempersiapkan segala kebutuhan secara lebih matang . Baik untuk persiapan dimana akan melakukan persalinan , peralatan bayi berupa pakaian , dan kebutuhan lainnya . Sehingga pada waktu bersalin nantinya akan berjalan lebih baik dan semua kebutuhan akan tercukupi . Keduanya baik anak maupun ibu akan sehat dan selamat .
  • Dapat Mengetahui Usia Kehamilan Yang Di Jalani : Kelebihan selanjutnya yang bisa didapatkan dari penggunaan kalkulator kehamilan adalah dapat mengetahui usia kehamilan yang dijalani . Tentunya setiap ibu yang mengandung dan juga sang suami perlu mengetahui perkembangan dan pertumbuhan janin yang ada didalam kandungan . Kalkulator kehamilan mampu menunjukkan usia kehamilan sang ibu . Sehingga setiap bulan yang dijalani akan mengetahui apa saja pertumbuhan pada janin yang dikandungnya , organ mana saja yang sedang berkembang pada janin , dan utamannya nutrisi yang dibutuhkan oleh sang ibu untuk memenuhi kebutuhan gizi janin dalam kandungan . Jadi didalam kandungan , bayi akanĀ  tumbuh dengan sehat sesuai dengan usia pertumbuhan janin dalam beberapa tahapan .
  • Dapat Membantu Menghitung Pembuhan Yang Baik : Kelebihan selanjutnya jika menggunakan kalkulator kehamilan adalah dapat membantu menghitung pembuhan yang baik . kalkulator kehamilanĀ  ini dapat membantu mengetahui usia subur bagi sang istri . Dimana kalkulator kehamilan akan memberi petunjuk mengisi kapan terakhir mengalami menstruasi . Sehingga bisa memperkirakan hari ketika istri dalam kondisi yang subur . Sehingga sang suami dapat melakukan pembuhaan agar nantinya pertemuan antara sperma dan sel telur dapat dibuahi dan membentuk embrio . Sehingga semakin lama embrio berkembang akan menjadi janin atau calon bayi yang akan dikandung selama 9 bulan 10 hari .
  • Dapat Mengetahui Akhir Dari Trimester Pertama Dan Trimester Kedua : Kelebihan lainnya dari penggunaan kalkulator kehamilan adalah dapat mengetahui akhir dari trimester pertama dan trimester kedua . Trimester pertama dan kedua dapat dihitung lebih akurat menggunakan kalkulator kehamilan . Sehingga dapat melewati masa kehamilan yang akan terjadi pada trimester selanjutnya .

Cara Penggunaan Kalkulator Kehamilan Yang Bisa Di Ketahui Antara Lain :

  1. Masukan Tanggal HPHT : Cara pertama yang bisa dilakukan dalam penggunaan kalkulator kehamilan adalah dengan memasukan tanggal HPHT . Tanggal HPHT lebih sering diketahui hari pertama haid terakhir . Dengan memasukan hari HPHT ini , untuk dapat memproses kalkulator kehamilan untuk menghitung usia kehamilan yang dijalani .
  2. Isikan Lamanya Siklus Haid : Cara selanjutnya yang dilakukan dalam penggunaan kalkulator kehamilan adalah dengan memasukan lamanya siklus haid . Siklus haid setiap wanita tentunya berbeda-beda . Umumnya siklus haid dialami setiap 28 hari sekali . Anda bisa isikan lamanya siklus haid tersebut sesuai yang anda alami . Bisa saja siklus haid wanita antara 21 sampai 25 hari sekali . Namun siklus tersebut tidak terlalu berpengaruh terhadap kehamilan yang dijalani .
  3. Cermati Perkiraan Lainnya : Setelah anda memasukan HPHT dan siklus haid , kalkulator kehamilan akan memperkirakan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan kehamilan . Anda bisa mengetahui kapan pembuhahan yang di jalani , berapa usia janin yang ada didalam kandungan , kapan bayi akan siap untuk dilahirkan , perkiraan tanggal lahir yang lebih akurat , mengetahui dari trimester pertama sampai trimester ketiga , serta senam hamil yang sebaiknya dilakukan oleh ibu hamil .

Masa kehamilan umumnya dialami oleh kaum wanita dengan rentan waktu 9 bulan 10 hari . Maka dari itu jika anda mengalami tanda tanda kehamilan sebaiknya segera lakukan cek kehamilan , Sehingga dari kaum ibu hamil juga dapat mengetahui usia kehamilan yang dijalani . Ada banyak cara menghitung usia kehamilan yang bisa dilakukan .

Berikut ini Ada Beberapa Cara Menghitung Kehamilan Yang Bisa Anda Ketahui :

  1. Menghitung Usia Kehamilan Dengan Kalender : Salah satu cara menghitung kehamilan yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan kalender untuk menghitung kehamilan . Kalender tentunya banyak digunakan oleh setiap pasangan utamanya ibu hamil untuk memperkirakan berapa usia kandungan yang sedang dijalaninya . Untuk menggunakan kalender perhitungan masa kehamilan , anda terlebih dahulu harus menggetahui tentang siklus haid yang sudah dialami . Anda bisa memasukan HPHT atau lebih sering dikenal dengan hari pertama haid terakhir . Sehingga anda bisa mengetahui berapa usia kehamilan yang sudah dijalani melihat dari HPHT yang sudah diketahui .
  2. Menghitung Usia Kehamilan Dengan Sistem Fundus Uteri : Cara selanjutnya yang termasuk dalam cara menghitung kehamilan adalah dengan menghitung usia kehamilan menggunakan sistem fundus uteri . Sistem fundus uteri dapat dilakukan ibu hamil kapan saja akan melakukan hitungan usia kehamilan . Cara ini adalah cara meraba yang dilakukan pada rahim terutama yang dirasa menonjol pada perut . Pengukuran Fundus Uteri dilakukan dengan mengukur dari bagian kemaluan sampai puncak rahim atau lebih dikenal dengan Fundus Uteri . Jika dari kemaluan sampai puncak rahim ukurannya 28 sentimeter , diperkirakan usia kehamilan minggu ke-28 . Jika dari kemaluan sampai puncak rahim 36 sentimeter , maka usia kehamilan yang sedang dijalani masuk minggu ke-36 . Jika berat badan normal ketika masa kehamilan , anda bisa menghitungnya dengan jarak 2 jari . Setiap 2 jari ini berarti usia kehamilan ditambah 2 minggu . Anda bisa mulai hitung dari kemaluan sampai puncak rahim .
  3. Menghitung Dengan Cara Mendeteksi Gerakan Janin : Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk menghitung masa kehamilan adalah dengan mendeteksi gerakan janin yang ada didalam rahim . Namun mendeteksi gerakan janin tidak seluruhnya akurat . Dari penghitungan usia kehamilan yang sudah pernah dilakukan , bayi yang sudah mulai bergerak didalam rahim sudah memasuki usia 18 sampai 20 minggu . Namun usia tersebut diperutukkan bagi ibu hamil yang pertama kali mengandung . Jika hitungan bayi yang bisa dirasakan bergerak didalam rahim ibu yang pernah hamil , memasuki usia kehamilan 16 sampai 18 minggu .
  4. Menggunakan Kalkulator Kehamilan : Cara lainnya yang merupakan bagian dari cara menghitung kehamilan adalah dengan menggunakan kalkulator kehamilan . Kalkulator kehamilan ini cukup akurat untuk menggetahui usia janin yang sedang dikandung . ibu hamil cukup memasuki HPHT atau hari pertama haid terakhir dan siklus haid yang biasanya di jalani . Sehingga otomatis kalkulator kehamilan akan menghitung usia kehamilan yang sedang dijalani .

Metode tentang cara menghitung kehamilan yang sudah kami ulas diatas mempunyai tingkat akurasi yang cukup baik , Sehingga dapat membantu anda untuk menentukan pilihan paket cara menggugurkan kandungan sesuai dengan usia kehamilan anda .

Updated: April 23, 2017 — 7:08 am
Cara Menggugurkan Kandungan © 2017 cara menggugurkan kandungan