Makanan Ibu Hamil Yang Wajib Dikonsumsi Pada Masa Trimester Pertama

Masa trimester pertama adalah masa yang paling rawan karena masa ini adalah masa-masa pembentukan organ tubuh bayi . Dalam baha kedokteran disebut masa organogenesis . Asupan nutrisi sangat penting di perhatikan pada masa ini . Sangat fatal akibatnya jika ibu mengabaikan asupan gizi pada masa ini . Bayi yang dikandung bisa terlahir dalam keadaan cacat atau terdapat gangguan organ dalam tubuhnya . Ada banyak makanan ibu hamil muda yang perlu di perhatikan . Oleh karena itu di artikel ini kami mencoba merangkum makanan apa saja yang di butuhkan saat ibu sedang hamil muda . Berikut ini penjelasannya . Baca Juga : cara menggugurkan kandungan

makanan ibu hamil muda

Makanan Yang Mengandung Asam Folat 

Asam folat merupakan salah satu golongan vitamin B . Asam folat ini sangat di perlukan dalam masa hamil muda untuk membantu pembentukan jaringan sistem saraf di otak dan sumsum tulang belakang bayi yang terjadi pada bulan pertama setelah pembuahan . Banyak makanan yang mengandung asam folat alami seperti bayam , sereal , kacang-kacangan , asparagus , okra dan buah-buahan terutama buah sitrus seperti jeruk dan lemon .

Makanan Yang Mengandung Kalsium 

Kalsium merupakan mineral yang membantu pembentukan tulang dan gigi pada janin . Makanan yang mengandung kalsium juga menjaga kesehatan tulang dan gigi ibu hamil yang cenderung melemah pada masa kehamilan . Makanan yang mengandung kalsium banyak terdapat produk-produk susu seperti susu , keju dan yoghurt . Selain itu kalsium juga banyak terdapat dalam sereal , ikan salmon , telur , buah-buahan dan sayuran hijau seperti bayam , daun kale .

Makanan Yang Mengandung Protein

Makanan ibu hamil muda sebaiknya mengandung protein yang cukup karena protein diperlukan dalam pembentukan otot dan jaringan janin . Protein juga menambah energi ibu sehingga ibu tidak akan gampang capek selama masa kehamilan . Makanan-makanan yang mengandung protein yaitu ikan , daging merah seperti daging sapi , daging putih seperti daging ayam , kacang-kacangan , susu , telor , dan selai kacang . Ibu yang sedang dalam masa trimester pertama membutuhkan ektra protein sebanyak 60 gram setiap harinya .

Makanan Yang Mengandung Zat Besi 

Zat besi adalah mineral yang berpengaruh besar pada pembentukan sel-sel darah bayi . kekurangan zat besi dalam tubuh bisa menimbulkan gangguan tubuh seperti anemeia dan gangguan penyerapan oksigen dalam tubuh . Makanan-makanan yang kaya akan zat besi yaitu brokoli , daging-dangingan seperti daging ayam , daging sapi , sayuran hijau seperti bayam dan kacang-kacangan . Sebaiknya makanan-makanan kaya zat besi di imbangi dengan makanan-makanan yang mengandung vitamin C karena vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi lebih cepat . Makanan mengandung zat besi seperti jeruk , lemon , cabe dan papikra .

Makanan Yang Mengandung Asam Lemak Esensial

Asam lemak esensial baik untuk menjaga kesehatan jantung serta membantu perkembangan otak janin . Makanan yang banyak mengandung asam lemak esensial yaitu ikan laut seperti salmon , sarden , makerel , kacang walnut , kacang almond , sayuran berwarna hijau gelap seperti daun kale , bayam , brokoli , alpukat , minyak zaitun , biji bunga matahari , biji chia , biji labu dan minyak kedelai .

Makanan Yang Mengandung Vitamin D 

Vitamin D adalah vitamin yang berpengaruh besar pada kesehatan tulang janin dan ibu hamil . Vitamin D juga membantu menjaga kadar kolestrol tubuh agar tetap stabil . Ibu hamil cenderung kurang vitamin D dalam tubuhnya . Itu sebabnya ibu hamil muda banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D seperti asparagus , telur , yoghurt dan ikan salmon .

Makanan Yang Bisa Mengurangi Morning Sickness

Saat trimester pertama ibu biasanya mengalami kondisi yang disebut morning sickness dengan gejala mual dan muntal . Mual dan muntah bisa terjadi setiap saat , namun gejala ini cenderung meningkat pada pagi hari makanya disebut morning sickness ( morning = pagi , sickness = sakit ) . Morning sickness merupakan kondisi umum pada ibu hamil muda dan salah satu bagian dari tanda tanda kehamilan . Namun kondisi ini bisa berbahaya bagi janin yang dikandung jika ibu terlalu sering muntah atau terlalu banyak makanan yang dikeluarkan karena makanan yang seharusnya menjadi asupan nutrisi janin hilang karena dimuntahkan . Maka dari itu ada baiknya ibu juga mengkonsumsi makanan yang bisa meredakan gejala morning sickness atau makanan yang aromanya bisa mengurangi rasa mual seperti yoghurt beku , jahe , buah anggur , teh , alpukat , lemon , daun mint , oatmeal , kentang , pudding , biscuit , dan jus buah . Untuk teh , tidak disarankan meminumanya segera setelah makan . Kandungan tannin yang ada didalam teh akan menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh . Padahal zat besi sangat diperlukan selama masa kehamilan terutama usia kehamilan muda . Teh bisa dikonsumsi 1 atau 2 jam setelah makan . Buah-buahan juga baik untuk mengurangi gejala morning sickness . Lagipula buah kaya akan vitamin , mineral , dan serta yang baik untuk kesehatan tubuh dan pencernaan ibu hamil dan juga bayi . Buah untuk ibu hamil contohnya buah-buahan sitrus , ceri , apel , kiwi , semangka dan masih banyak lagi .

 

Updated: December 1, 2017 — 1:17 am
Cara Menggugurkan Kandungan © 2017 cara menggugurkan kandungan