Masa Kehamilan Dan Perkembangan Janin Dari Minggu Ke Minggu

Masa Kehamilan adalah saat dimana seseorang wanita membawa embrio di dalam tubuhnya atau dengan kata lain mengandung janin . Masa ini diawali dengan lepasnya sel telur dari ovarium yang kemudian bertemu dengan sel sperma di tuba falopi . Kemudian terjadi fertilisasi ( pembuahan ) yang menghasilkan zigot . Selanjutnya zigot membelah diri menjadi embrio yang akan menempel serta tertanam di dinding rahim hingga tanda tanda awal kehamilan muncul dan janin lahir di dunia . Kehamilan manusia sendiri terjadi selama 40 minggu sejak waktu menstruasi terakhir dan kelahiran .

Masa Kehamilan

Tahap Masa Kehamilan

Perkembangan janin pada masa kehamilan dimulai dari minggu ke-40 atau menjelang persalinan , Simak tahapan-tahapan berikut ini :

  • Minggu Ke 4-8 : Pada minggu ke 4-8 , mulai terbentuk embrio yang telah mempunyai sistem vaskuler ( peredaran darah ) . Selain itu , jantung janin juga sudah berdetak dan organ tubuh yang lain mulai terbentuk . Tangan , kaki jari , tulang-tulang wajah dan mata akan muncul di tahap pertama ini . Tidak hanya itu , kantung ketuban yang terdiri atas 2 selaput tipis pun sudah terbentuk . Selaput itu berisi air ketuban yang berguna untuk menghindarkan bayi dari benturan yang bisa mengakibatkan cidera .
  • Minggu Ke 8-12 : Pada minggu ke 8-12 , organ-organ tubuh janin mulai terbentuk . Ukuran kepalanya juga lebih besar daripada badannya agar mampu menampung otak yang dari hari ke hari semakin berkembang . Janin pun telah mempunyai kelopak mata , dagu dan hidung yang lebih jelas . Ibu akan merasakan aktivitasnya didalam rahim , seperti menendang perut dengan lembut .
  • Minggu Ke 12-16 : Di minggu ke 12-16 , paru-paru janin mulai berkembang dan detak jantungnya bisa didengar melalui USG kehamilan ( Ultrasonografi ) . Ibu dapat melihat wajahnya yang membentuk ekspresi tertentu dan matanya pun mulai ditumbuhi alis serta bulu mata . Rambut di kepalanya telah tumbuh dan berwarna . Ukuran kakinya lebih panjang di banding tangannya . Janin juga dapat membuka mulut dan memutar kepala .
  • Minggu Ke 16-20 : Pada minggu ke 16-20 yang masuk pada trimester kehamilan kedua , hidung dan telinga janin sudah tampak lebih jelas , Di fase ini , kulit janin masih berwarna merah dan tipis , tapi rambutnya sudah mulai lebih lebat . Tubuh janin sendiri tertutupi oleh lanugo atau semacam rambut halus . Semua bagian terbentuk dengan lengkap , tak terkecuali pembuluh darah yang terlihat dengan jelas di kulit janin . Kini ia mulai lebih teratur serta terkoordinasi . Janin pun dapat menghisap jempol dan bereaksi terhadap suara sang ibu .
  • Minggu Ke 20-24 : Di minggu ke 20-24 ini , alat kelamin janin sudah mulai terbentuk dan pusat tulangnya mengeras . Selain itu , cuping hidung janin telah terbuka dan ia juga bisa melakukan gerakan pernafasan . Janin juga mempunyai waktu-waktu untuk tidur .
  • Minggu Ke 24-28 : Pada minggu ke 24-28 masa kehamilan 7 bulan , perkembangan janin sudah lebih baik . Ia mempunyai lemak yang menumpuk di bawah kulit . Rambut di kulit kepala janin mulai tumbuh , kelopak matanya membuka serta otaknya mulai aktif . Di fase ini , janin bisa mendengarkan berbagai hal , mulai suara dari dalam maupun suara dari luar , seperti musik . Ia juga dapat mengenali suara sang ibu dan jantungnya berdetak sangat cepat saat ibunya sedang berbicara .
  • Minggu Ke 28-32 : Meskipun gerakannya mulai terbatas akibat berat badan janin yang semakin bertambah , pada minggu ke 28-32 ini matanya sudah mulai bisa berkedip karena melihat cahaya dari dinding perut sang ibu . Kepala janin juga mulai mengarah ke bawah . Paru-paru memang belum sempurna , tapi jika saat ini ia terpaksa dilahirkan , kemungkinan besar bisa bertahan hidup . Tentu anda akan terharu melihat janin telah terbentuk dengan sempurna , bukan lagi sebagai embrio seperti diawal masa kehamilan .
  • Minggu Ke 36 : Di minggu ke 36 , bayi sering mulai berlatih bernafas , menelan dan menghisap . Rambut-rambut halus yang tumbuh di sekitar tubuhnya telah menghilang dan bentuk badan bayi menjadi lebih bulat . Pada beberapa wanita yang hamil untuk pertama kalinya , bayi yang ia kandung akan mengalami penurunan , yakni kepala turun ke rongga panggul .
  • Minggu Ke 38 : Jika kepala bayi telah berada di rongga panggul , berarti ia siap dilahirkan . Tidak hanya ibu yang mempersiapkan diri , tapi bayi pun seolah-olah bersiap untuk kelahirannya ke dunia .
  • Minggu Ke 40 : Dari sini , plasenta akan mengambil alih , lalu memberi isyarat bahwa bayi telah siap dilahirkan . Beberapa saat lagi , bayi yang tertidur tenang dalam rahim sang ibu akan melalui proses terbesar dalam hidupnya , yakni melahirkan . Pada minggu terakhir ini , seorang ibu harus siap fisik dan mental untuk melahirkan bayi .

Berdasarkan penelitian para ahli , ibu hamil yang mengetahui perkembangan serta kondisi janin akan memperkuat hubungan batin antar keduanya . Jadi jangan malas untuk terus mengamati pertumbuhan dan perkembangan janin anda selama masa proses kehamilan . Baca Juga Artikel Berikutnya : cara menggugurkan kandungan

Updated: December 7, 2017 — 4:38 am
Cara Menggugurkan Kandungan © 2017 cara menggugurkan kandungan