Trimester Kehamilan Dari Bulan Pertama Hingga Menjelang Kelahiran Bayi

Trimester kehamilan terbagi menjadi tiga priode untuk memudahkan tahap perkembangan janin . Pada trimester pertama , seorang ibu hamil ( gravida ) sangat resiko mengalami keguguran ( kematian embrio atau janin ) . Pada trimester kedua , perkembangan janin bisa diamati dan di diagnosa . Sedangkan pada trimester ketiga , merupakan awal viabilitas , dimana janin bisa tetap hidup jika terjadi kelahiran alami atau dipaksakan .

Trimester kehamilan

Fase kehamilan diawali dengan masa dimana zigot berkembang menjadi embrio dan berakhir pada beberapa saat menjelang kelahiran . Berikut penjelasan lengkapnya :

Perkembangan Janin Trimester Pertama

Bulan Pertama : Setelah terjadi fertilasasi ( pembuahan ) . zigot ( telur yang dibuahi ) akan menjadi cikal bakal embrio . Zigot tersebut bergerak menuju ke rahim dan membentuk kelompok sel yang disebut morola akan melewati beberapa tahapan perkembangan embrio . Walaupun baru berukuran 6-7 mm , tapi peredaran darah pada embrio sudah dimulai , dilihat dari terbentuknya sel darah .

Di bulan pertama , kantung ketuban mulai terbentuk dan membungkus embrio dengan ketat untuk melindungi dari benturan . Fisik bayi pun mulai tampak , ditandai dengan adanya lingkaran hitam dibagian wajah yang di bulan-bulan berikutnya akan berkembang menjadi mata . Bagian lainnya , seperti mulut , rahang bawah dan tenggorokan juga ikut berkembang .  Embrio ini memperoleh nutrisi dari ibu yang disalurkan melalui plasenta . Tidak hanya nutrisi , bahan buangan janin pun ditransfer lewat organ tersebut .

Bulan Kedua : Memasuki bulan kedua , janin mulai memiliki tulang yang lebih kuat . Selain itu sumsum tulang belakang , otak dan jaringan syaraf lainnya ikut terbentuk . Pada minggu kelima , sistem peredaran darah dan jantung mulai menampakkan bentuknya secara bersamaan . Di kedua sisi kepala , terdapat lipat kecil yang akan tumbuh menjadi telinga . Janin juga mulai kelihatan bentuk wajahnya . Bagian tubuh lain , seperti kaki dan tangan sudah tampak pertumbuhan benihnya .

Di akhir bulan kedua , ukuran emberio masih sangat kecil , yakni 2,54 cm dan beratnya 9,45 gram dengan ukuran kepala yang sepertiga dari tubuhnya .

Bulan Ketiga :  Akhir trimester pertama ini ditandai dengan berkembangnya organ-organ dalam janin . Organ-organ tersebut juga sudah mulai bekerja , seperti hati yang memproduksi empedu dan sistem peredaran darah serta sistem urine mulai berjalan . Pada fase ini sebetulnya organ reproduksi janin telah berkembang , namun belum bisa dipastikan apakah jenis kelamin perempuan atau lelaki , walaupun diperiksa melalui USG kehamilan .

Ia sudah mempunyai tangan , lengan , kaki , jari , kuku , telinga dan gigi , Bahkan ukuran tubuhnya menjadi lebih panjang , yakni 7,6-10 cm dengan berat 28 gram . Saat ini , janin sudah bisa mengepalkan tangan dan membuka mulut .

Fase Kehamilan Trimester Kedua

Bulan Ke Empat : Di bulan ke empat , janin perempuan sudah mulai menampakkan folikel pada indung telur dan janin laki-laki sudah memiliki prostat . Tulang janin mulai berkembang dan pada bagian kepalanya tampak pola rambut . Sedangkan pada bagian wajah , matanya sudah menghadap kedepan dan dapat bergerak-gerak . Posisi telinga janin sudah sesuai dan mulutnya pun mulai berusaha untuk menghisap . Pada usia 14 minggu , panjang janin mencapai 85 cm dengan berat sekitar 40 gram .

Bulan Kelima : Ibu akan melihat seluruh kulit tubuh janin yang tertutup oleh lapisan putih yang melindungi dari cairan ketuban pada bulan kelima . Lapisan putih tersebut akan lepas dengan sendirinya saat janin lahir . Disini , otot janin mulai berkembang dan ia berusaha untuk bergerak . Kepalanya sudah ditumbuhi rambut yang berwarna dan sedikit lebih lebat dari sebelumnya . Pada akhir bulan kelima , panjang janin sekitar 160 mm .

Bulan Ke Enam : Pada bulan ke enam , kelopak mata sudah mulai tampak lebih jelas dan matanya bisa membuka . Kulit janin juga sudah muncul , tapi masih tipis keriput dan berwarna kemerahan , menampakkan pembuluh vena yang ada didalam tubuh . Denyut janin semakin meningkat sebagai tanda bahwa ia menanggapi rangsangan , khususnya jika mendengar suara dari luar . Janin yang memiliki berat 460 gram dengan panjang sekitar 190 mm ini sudah memiliki jari tangan dan kaki .

Trimester Kehamilan Ketiga

Bulan Ke tujuh : Saat memasuki bulan ke tujuh , janin sudah menanggapi cahaya , mendengar suara , mengubah posisi tubuh dan merasakan sakit . Pendengaran janin mulai berkembang dan ia juga menyimpan lemak dibawah kulitnya . Panjang janin mencapai 36 cm dengan berat antara 900-1.800 gram .

Bulan Kedelapan : Di bulan kedelapan , bagian-bagian dalam janin sudah berkembang dengan lebih baik . Paru-paru juga sudah terbentuk , meskipun belum sempurna . Dibanding bulan-bulan sebelumnya , bagian otak janin telah berkembang pesat . Selain itu cadangan lemak dalam tubuhnya juga meningkat . Yang membuat para ibu semakin tidak sabar menyambut kelahirannya adalah bayi bergerak lebih aktif dan menendang dengan lebih kencang . Saat ini ukurannya mencapai 46 cm dengan berat 2,27 kg .

Bulan Kesembilan : Pada bulan terakhir trimester kehamilan ketiga ini , bagian luar maupun dalam bayi sudah lebih sempurna . Indra penglihatan dan pendengaran sudah berfungsi sebagaimana mestinya . Ia pun juga menjadi lebih peka terhadap rangsangan , baik berupa sentuhan atau pun cahaya . Paru-paru sudah hampir berkembang sempurna . Ukurannya pun lebih panjang , menjadi 46-51 cm dengan berat 3,2 kg .

Bayi pun siap dilahirkan dengan posisi terbalik , yakni kepala menghadap jalan lahir dan tubuh berada dibawah panggul . Kehamilan adalah masa yang penting untuk dijaga . Mulailah mengatur pola makan , menjaga kesehatan dan memeriksa kandungan secara rutin ke dokter agar bisa menjalani fase trimester kehamilan dengan lancar . Lihat Artikel Berikutnya : cara menggugurkan kandungan

 

 

Updated: December 5, 2017 — 11:32 pm
Cara Menggugurkan Kandungan © 2017 cara menggugurkan kandungan