Waktu Paling Tepat Untuk USG Kehamilan

Kapan waktu yang paling tepat untuk USG kehamilan ? Kehamilan merupakan hal yang paling di tunggu oleh pasangan yang sudah menikah . Sehingga , apabila anda telah dinyatakan positif hamil , melakukan check up sekaligus USG mungkin merupakan hal yang harus dilakukan setelahnya . Bagi sebagian orang , USG hanya untuk mengetahui jenis kelamin bayi yang sedang dikandung . Akan tetapi usg memiliki manfaat lebih dari itu . Salah satunya adalah mendeteksi sejak dini apabila terdapat kelainan-kelainan pada kehamilan sehingga penanganan dapat dilakukan secepatnya . Untuk itu , alangkah baiknya anda mengetahui waktu-waktu yang tepat untuk melakukan USG . Terlebih dahulu , Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter kandungan anda , Sehingga USG yang dilakukan juga sesuai dengan kondisi kehamilan anda .

usg kehamilan

Di Bawah Merupakan Waktu-waktu Yang Paling Tepat Bagi Ibu Hamil Untuk Melakukan USG

  • Pada Awal Kehamilan : Seorang wanita hamil muda bisa terdeteksi ketika janin berusia sekitar 3 minggu . Apabila anda mendapati jadwal menstruasi anda terlambat di sertai tanda tanda kehamilan yang lain , Alangkah baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan baik melalui dokter kandungan atau dengan test pack . Setelahnya atur jadwal dengan dokter untuk melakukan USG kehamilan awal . Terdapat berbagai manfaat melakukan USG sejak dini , misalnya untuk mengetahui lokasi janin apakah normal atau tidak , kondisi organ reproduksi , dan mengetahui usia kehamilan dengan lebih akurat . Apabila terdapat suatu janggal atau kelainan dalam kehamilan , dapat pula di deteksi penyebab kehamilan yang janggal tersebut . Sehingga ,  penanganan akan lebih cepat di lakukan . Biasanya , USG awal kehamilan di lakukan sekitar 8 minggu pertama .
  • 11 Hingga 4 Minggu Pertama : Sekitar 11 hingga 14 minggu pertama , Anda juga disarankan untuk melakukan USG . Terdapat beberapa gejala kelainan pada bayi yang belum terdeteksi pada minggu pertama namun dapat dilihat setelah lebih dari 11 minggu , Misalnya kelainan Down Syndrome ( DS ) dan beberapa kelainan otak seperti Hydrocephalus ( kelainan cairan dalam rongga otak ) dan Anencephalus ( tidak memiliki otak ) . Selain itu USG pada minggu-minggu ini biasanya juga mampu mendeteksi adanya kelainan perut . Apabila anda menggunakan teknologi terbaru dari USG , kelainan-kelainan yang disebutkan diatas dapat terdeteksi pada usia kehamilan 9 minggu . Pendeteksian kelainan-kelainan tersebut dilakukan dengan mengukur ketebalan dinding bagian belakang leher janin atau sering disebut dengan Nuchal Translucency .
  • 18 Hingga 23 Minggu Pertama : Setelah janin berusia lebih dari 18 minggu , ibu dianjurkan untuk melakukan USG kehamilan untuk mendeteksi ada dan tidaknya cacat bawaan yang mayor serta melihat lebih lanjut kelainan-kelainan dari pemeriksaan pada 11 hingga 14 minggu . Meskipun Down Syndrome dapat terdeteksi setelah 11 minggu , namun gejala akan tampak lebih jelas setelah 18 minggu . Selain itu trimester kedua di perlukan data-data mengenai ukuran janin meliputi lingkar kepala , lingkar perut , lengan , dan lain sebagainya . Ukuran-ukuran ini menjadi acuan apakah bayi di kemudian hari akan lahir normal atau tidak . Selain itu , hal-hal lain yang dapat di deteksi pada usia kehamilan ini adalah letak plasenta , tali pusat , air ketuban , dan lain sebagainya . Hambatan pada pertumbuhan janin dapat di deteksi pada usia ini beserta penyebab kehamilan dengan gangguan tersebut . Kelainan-kelainan lain yang muncul di minggu-minggu ini adalah kista kepala , spina bifida dan kebocoran jantung .
  • 32 Hingga 34 Minggu Usia Kehamilan :  Apabila pada pemeriksaan USG pada minggu 18 hingga 23 tidak ditemukan suatu yang janggal , USG kehamilan pada usia ini tidak perlu dilakukan . Akan tetapi , tetap tidak ada salahnya jika anda melakukannya . Pada minggu-minggu ini , kehamilan anda di deteksi lebih lanjut apakah terdapat hambatan-hambatan berarti dalam hal pertumbuhan janin . Kemungkinan persalinan prematur juga dapat diketahui pada saat ini . Apabila janin anda terdeteksi akan dilahirkan secara prematur , penanganan dapat dilakukan dengan usaha membuat kelahiran menjadi normal . Apabila kemungkinan ini kecil , maka anda akan di persiapkan untuk melahirkan lebih dini .
  • Mendekati Persalinan : Pemeriksaan dengan USG terakhir adalah pada saat mendeteksi persalinan . Meskipun jarang dilakukan namun USG kehamilan ini cukup dianjurkan . Pada dasarnya , USG ini masih memiliki bertujuan yang sama dengan USG-USG sebelumnya . yaitu untuk mengetahui pertumbuhan janin , mengetahui lokasi janin , lokasi ari-ari , prosentase air ketuban , ada tidaknya lilitan tali pusar , dan posisi janin sebelum lahir . Apakah ibu dapat melahirkan secara normal atau harus melakukan operasi caesar juga dapat diketahui dari pemeriksaan ini . Apabila anda ingin mengetahui jenis kelamin bayi , informasi yang didapat juga lebih akurat . USG serupa juga dapat dilakukan lagi apabila sudah lewat waktu bersalin akan tetapi ibu belum menunjukan tanda-tanda hendak melahirkan .

Pada umumnya , USG sangat diperlukan untuk mendeteksi kesehatan ibu dan bayi . Pada kondisi-kondisi medis tertentu , hal ini mungkin harus lebih sering dilakukan untuk memungkinkan bayi lahir dengan selamat . maka pastikan anda melakukan USG KEHAMILAN dengan teratur . Baca Juga Artikel Lainnya : cara menggugurkan kandungan

Updated: December 5, 2017 — 1:40 am
Cara Menggugurkan Kandungan © 2017 cara menggugurkan kandungan