5 Tips Mencegah Flek Saat Hamil Muda

Flek Saat Hamil Muda merupakan hal yang saat di khawatirkan oleh ibu hamil , terutama bagi wanita yang baru hamil untuk yang pertama kalinya atau yang sudah lama menantinya hadirnya seorang bayi di tengah keluarnya . Flek memang memiliki cap buruk karena dipercaya dapat memberikan dampak kurang baik bagi janin yang sedang dikandung . Memang , flek yang biasanya terjadi pada saat kehamilan menginjak trimester pertama ( awal kehamilan ) adalah hal yang perlu di waspada karena bisa saja merupakan tanda-tanda kurang baik seperti terjadinya kehamilan anggur , infeksi , atau bahkan keguguran . Namun , flek juga bisa merupakan efek samping dari hal-hal yang tidak membahayakan seperti perubahan serviks , pembuahan janin , atau berhubungan seks di masa kehamilan .

Flek Saat Hamil Muda

Baca Juga : cara menggugurkan kandungan

Berbahaya atau tidak , flek tetap tidak bisa di anggap remeh . Jika seorang yang hamil muda mengalami flek , lebih baik ia tetap memeriksakan diri ke dokter . Hal ini dapat di gunakan untuk antisipasi agar hal-hal buruk dapat di cegah . Wanita hamil juga perlu mengetahui tips untuk mencegah flek pada saat hamil trimester pertama atau hamil muda . Berikut ini adalah 5 tips yang bisa di jalankan untuk mencegah mengatasi flek saat hamil muda .

  1. Periksa Ke Dokter : Salah satu tindakan bijak yang harus di lakukan pada saat terjadi flek adalah memeriksakan diri ke dokter . Dokter kandungan sudah memiliki pengalaman untuk dapat mendeteksi penyebab flek dan bagaimana solusi terbaik untuk secepatnya menghentikan flek . Untuk pencegahan yang lebih baik , wanita hamil di sarankan untuk memeriksakan kondisinya atau kehamilannya ke dokter . Hal ini penting di lakukan agar ibu hamil maupun tenaga medis dapat mengetahui perkembangan janin . Dengan rutin memeriksakan kehamilan , dokter bisa memberitahukan apa yang boleh dan tidak boleh di lakukan sehingga ibu hamil bisa lebih berhati-hati dan berjaga-jaga selama masa kehamilannya . terutama di trimester pertama .
  2. Jangan Melakukan Aktivitas Berat : Wanita yang hamil muda lebih mudah lelah dan sedang dalam kondisi yang rentan . Karenanya , jangan melakukan aktivitas berat dan melelahkan karena tak hanya akan berdampak buruk pada ibu hamil , tapi juga pada janin . Hindari pekerjaan rumah yang melibatkan pekerjaan yang mengangkat-angkat berat . Selain itu , jika tubuh sudah terasa lelah , segera istirahat dan banyak minum air putih untuk mencegah hal-hal yang tak di inginkan seperti flek .
  3. Hindari Stress : Stress atau banyak pikiran juga bisa menjadi salah satu penyebab flek . Lebih parahnya , stress bisa berdampak besar bagi janin dan bahkan menimbulkan gangguan psikologis pada ibu hamil dan juga janin . Karenanya , untuk menghindari stress , lebih baik ibu hamil menghindari pikiran-pikiran yang memberatkan dan dapat menyebabkan stress . Lebih baik gunakan waktu untuk banyak-banyak beristirahat dan mengumpulkan energi . Banyak istirahat juga bisa membuat mimpi hamil muda yang memiliki dampak baik pada janin yang sedang berkembang .
  4. Hindari Berhubungan Seks Terlalu Sering : Jika kandungan wanita masih berusia sangat muda ( awal-awal trimester pertama ) , hubungan seks atau hubungan intim suami istri tidak di sarankan . Hal ini bisa memicu terjadinya flek , dan jika hubungan suami istri dilakukan terlalu sering di trimester pertama , janin bisa terganggu karena janin sendiri belum begitu kuat . Akibatnya , dapat terjadi hal-hal yang tidak di inginkan , salah satunya adalah keguguran . Dinding rahim juga dalam masa sensitif saat hamil trimester pertama , alhasil hubungan seks yang terlalu sering dan terlalu ” kasar ” bisa menyakiti dinding rahim . Hal ini yang memicu timbulnya bercak atau flek . Hubungan seks aman di lakukan saat kandungan sudah masuk trimester kedua dan ketiga .
  5. Banyak Makan Makanan Sehat : Makanan sehat memberi nutrisi yang cukup pada ibu hamil dan janin . Jika nutrisi terpenuhi , janin semakin sehat , demikian pula ibu yang mengandungnya . Alhasil , kemungkinan terjadinya flek akan kecil . Karenanya , dimasa awal kehamilan , wanita hamil harus memperhatikan pola makan dan memilih makanan yang sehat bagi ibu hamil dan janin . Perkembangan janin yang lebih sehat juga akan berdampak baik bagi kehamilan ibu .

Itulah tadi hal-hal yang dapat dilakukan oleh ibu hamil untuk mencegah terjadinya flek pada saat kehamilan masih menginjak trimester pertama . Yang jelas , ibu hamil harus ingat untuk tetap tenang saat flek terjadi . Panik akan memperburuk kondisi psikologis ibu hamil dan membuat ibu hamil akan semakin drop . Hal ini justruĀ  memicu keluarnya flek dalam jumlah yang banyak . Tetap tenang dan segera periksa ke dokter untuk mengetahui pemicu flek saat hamil muda yang terjadi .

Updated: December 17, 2017 — 1:00 am
Cara Menggugurkan Kandungan © 2017 Frontier Theme