Konsultasi Program Hamil Untuk Para Pasangan Suami Istri

Ketika pasangan suami istri tidak kunjung mendapatkan keturunan , umumnya beban psikologis yang di terima akan lebih berat . Oleh karena itu , jika anda mengalami hal yang sama , sebaiknya lakukan konsultasi program hamil pada ahli medis yang menguasai bidang kehamilan . Pada saat melakukan konsultasi , dokter yang anda kunjungi menjawab pertanyaan terkait beberapa hal berikut .

Konsultasi Program Hamil

Baca Juga : cara menggugurkan kandungan

Keteraturan Siklus Menstruasi

Waktu dan kondisi yang terjadi pada saat menstruasi , sedikit banyak memberi gambaran tentang tingkat kesuburan dari wanita yang mengalaminya . Kondisi rahim akan dinyatakan tidak bermasalah apa bila siklus menstruasi yang dialami sering kali teratur , tidak ada nyeri hebat yang dialami , maupun lama siklus yang berlangsung tidak lebih dari 7-8 hari . Sebaliknya , ada pertanyaan detail yang harus di ajukan pada pihak medis apabila anda sebagai seorang wanita mengalami beberapa hal seperti :

  • Haid yang jadwalnya sangat tidak teratur karena stress psikologis atau masalah hormonal
  • Gejala menstruasi berupa nyeri , kram panggul , atau gejala lain yang berlebihan , karena ada kemungkinan anda menderita endometreosis
  • Waktu haid pertama yang sangat terlambat , misalnya setelah usia 17 tahun atau lama waktu haid yang bisa berlangsung hingga lebih dari 15 hari

Riwayat Kesehatan Suami Dan Istri

Ketika anda belum kunjung dikaruniai buah hati dan ingin melakukan konsultasi masalah kehamilan , pastikan dulu riwayat kesehatan anda maupun pasangan , riwayat kesehatan ini bisa ditelusuri dengan melihat beberapa hal , seperti :

  • Menyelidiki tentang ada dan tidaknya penyakit genetis yang di miliki , seperti diabetes , hipertensi , maupun kanker pada kedua belah pihak
  • Kecepatan orgasme dari pihak istri dan suami pada saat berhubungan intim
  • Konsumsi obat atau suplemen selain obat dokter yang sering sekali dikonsumsi untuk menambah stamina maupun kondisi lain
  • Untuk wanita yang sudah pernah hamil atau melahirkan sebelum bisa di lihat tentang riwayat keguguran maupun penanganan kehamilan yang sebelumnya

Kecurigaan Akan PMS

PMS atau penyakit menular seksual memiliki dampak yang cukup besar untuk kesuksesan kehamilan . Apabila pihak suami maupun istri secara tidak sengaja menderita penyakit seksual menular , karena hubungan seks yang menyimpang , infeksi yang terjadi akan menyebabkan kegagalan ovulasi .

Ada Tidaknya Pengaruh Genetik

Riwayat kesuburan seorang wanita terkadang pengaruh oleh kondisi genetik dari wanita yang bersangkutan . Untuk itu , selain melihat dari karakter menstruasi yang di miliki , Anda sebagai seorang wanita perlu memahami riwayat penyakit genetis yang mungkin diturunkan oleh pihak ayah maupun ibu . Sebagai contoh saat seorang ibu yang tidak memeriksa kondisi genetis keluarga besarnya di awal kehamilan kemudian melahirkan anak yang memiliki cacat fisik .

Pengaruh Gaya Hidup   

Seorang pria maupun wanita umumnya memiliki gaya hidup yang berbeda-beda . Diantara beragam gaya hidup yang ada , intensitas konsumsi rokok , kopi , alkohol , hingga makanan berlemak tinggi mempengaruhi keberhasilan pembuahan sperma pada ovum saat hubungan intim terjadi . Pada pria konsumsi rokok , kopi , alkohol , dan makanan berlemak dalam kadar yang sangat tinggi akan mempengaruhi produksi hormon testoteron , kualitas sperma , dan kecepatan enjakulasi . Sedangkan pada wanita , konsumsi kopi dan di kombinasi dengan makanan yang berlemak atau makanan berbahaya lainnya akan mengganggu siklus menstruasi dan menurunkan kadar estrogen . Hal inilah yang umumnya menyebabkan seorang wanita sulit hamil . Setelah melihat beragam hal diatas , bagaimana cara punya anak yang aman dan efektif ?

  1. Pilih posisi ” misionaris ” saat berhubungan intim : Ketika anda berhubungan intim dengan suami , pilihlah posisi misionaris , dimana posisi pihak pria berada diatas . Posisi ini memudahkan sperma masuk dan membuahi ovum , setelah selesai berhubungan intim , jangan lupa untuk berbaring telentang sekitar 10-15 menit sebelum tidur atau melanjutkan aktivitas lainnya .
  2. Konsumsi makanan tinggi protein : Ketika anda ingin mendapatkan keturunan , akan lebih baik jika anda memperbaiki pola makan dan berusaha untuk mengkonsumsi banyak makanan berprotein tinggi . Makanan protein , seperti tahu , tempe , bayam , yogurt , dada ayam atau ikan air tawar yang di konsumsi dengan metode rebusan atau kukus akan memperbaiki stamina serta kualitas sperma maupun ovum .
  3. Konsultasi siklus haid : Ketika anda termasuk pasangan suami istri baru yang merencanakan untuk memiliki anak tanpa menundanya , konsultasi kan siklus haid pada bidan atau dokter ginekolog . Setelah itu , anda sebagai pihak wanita bisa mencatat periode masa subur yang dimiliki dan melakukan hubungan intim cukup intens saat masa subur . Ketika anda kurang yakin kapan masa subur anda , cobalah mengukur suhu vagina dengan menempelkan termometer di dekat mulut vagina . Umumnya suhu pada saat seorang wanita mengalami masa subur adalah 37-380C .
  4. Olahraga teratur : Untuk mempercepat sirkulasi nutrisi makanan dan meregenerasi sel tubuh , pastikan untuk melakukan olah raga teratur setidaknya 30 menit perhari . Untuk meningkatkan kesuburan , olah raga yang dilakukan juga sebaiknya bukan olah raga berat , seperti jogging , yoga , berenang atau jalan santai .
Updated: December 28, 2017 — 11:51 am
Cara Menggugurkan Kandungan © 2017 Frontier Theme